RajaBandarQ

7 Tempat Wisata Jogja Bernuansa Alam, Cocok Dikunjungi buat Healing

 1. Watu Payung

Salah satu tempat wisata alam Jogja yang wajib dikunjungi adalah Watu Payung di Gunungkidul. Watu Payung menyuguhkan pesona pegunungan yang indah.

Tempat ini banyak dikunjungi untuk melihat keindahan sunrise yang menakjubkan.

Tips-nya, sebelum pergi detikers juga perlu memeriksa seperti apa cuaca di sana. Pasalnya, cuaca di daerah pegunungan dapat berubah dengan sangat cepat.

2. Ledok Sambi

Ledok Sambi merupakan tempat wisata di Jogja bernuansa alam yang cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga. Lokasi Ledok Sambi berada di desa wisata samba tepatnya di jalan Kaliurang KM20, Pakem, kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kawasan wisata ini letaknya di pinggir sebuah sungai atau lembah, jadi di sana detikers bisa piknik atau berkemah.

Kita akan dimanjakan dengan hamparan di lembah Kali Kuning, dengan suasana sawah, ladang, sungai, serta rerumputan yang masih hijau. Ditambah, kita juga bisa menikmati mountain view puncak merapi.

Tiket masuk Ledok Sambi gratis. Namun, dari pihak pengelola wisata juga menerima, barangkali ada pengunjung ada yang mau memberikan secara sukarela.

Harga sewa lahan bagi yang telah membawa peralatan kemah sendiri berkisar Rp 40.000 per orang. Jika ingin menyewa tenda untuk camping, dibanderol seharga Rp 150.000 per malam.

3. Pantai Cangkring

Pantai Cangkring adalah pantai pasir putih yang lokasinya berada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Di sana, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sunset, berfoto-foto, ataupun bermain pasir dan berjemur untuk sekedar menghilangkan penat.

Jangan khawatir, di sekitar pantai juga banyak terdapat warung-warung makanan lokal. Untuk bisa memasuki pantai, pengunjung hanya dikenakan bayar retribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor, mobil pribadi Rp 5.000, dan bus Rp 10.000.

4. Mangrove Baros

Mangrove Baros adalah tempat wisata Jogja berkonsep wisata maritim kano (perahu kecil). Lokasinya ada di Dusun Baros, Kelurahan Tirto Argo, Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kamu akan menyusuri kawasan mangrove di sungai dengan menggunakan kano. Detikers bisa memilih rute panjang sebesar Rp 50.000 dengan jarak sekitar 2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sudah disediakan air minum dan mi instan.

Ada juga rute pendek yang berdurasi sekitar setengah jam dengan jarak tempuh 500 meter, yang tarifnya Rp 25.000. Sepanjang perjalanan, selain danau pengunjung juga akan melihat pemandangan paduan sawah yang hijau dan angin yang memberikan sensasi sejuk. Pas banget nggak sih buat healing

5. Gumuk Barchan


Gumuk Barchan adalah pilihan wisata alam Jogja selanjutnya. Gumuk sendiri adalah bukit pasir di tepi laut.

Gumuk Barchan barchans termasuk jenis gumuk yang langka lho detikers. Di dunia saja hanya ada tiga gumuk dengan model seperti ini, salah satunya ada di Indonesia, tepatnya berada di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sana, mulai dari menikmati pemandangan, berfoto, hingga mencoba kegiatan seperti sandboard.

Tips waktu untuk datang ke sana adalah pagi hari atau sore hari. Pasalnya, suasana di sekitar gumuk cukup terik. Jadi agar bisa mendapat suasana yang teduh, pihanya pagi atau sore hari ya.

6. Bukit Ngisis Kulon Progo


Bukit Ngisis Kulon Progo juga biasa dikenal wisatawan dengan sebutan Bukit Isis Yogyakarta. Lokasinya berada di Nglinggo Barat, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit dengan suasana yang sejuk dan udara segar khas pegunungan.

Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3.000 per orangnya. Sementara, untuk biaya parkirnya dibanderol sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil

7. Grojogan Pucung


Grojogan Pucung bisa jadi pilihan tempat bagi detikers yang mau main air atau sekedar menikmati keindahan alam. Pasalnya, air terjun di sini disebut masih sangat asri dan belum banyak terjamah aktivitas manusia.

Wisata Grojogan Pucung lokasinya berada di di Kalipakem, Seloharjo, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta ke Grojogan Pucung berkisar 25,2 km dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 1 jam.

Jam buka Grojogan Pucung mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore waktu setempat.

Itu tadi informasi seputar tempat wisata Jogja yang murah, bagus, pokoknya wajib dikunjungi banget deh! Semoga tempat-tempat tadi bisa jadi referensi tempat healing kamu ya.

Posting Komentar

0 Komentar