RajaBandarQ

18 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumatera Utara, Dijamin Tidak Menyesal

Rajabackpaker - Selama ini, saat akan liburan ke Sumatera Utara atau Sumut, Medan dan Binjai menjadi rekomendasi utama. Padahal banyak juga wilayah lainnya yang memiliki daya tarik wisata tak kalah eloknya. Termasuk juga Kabupaten Deli Serdang.

Banyak sekali destinasi wisata Deli Serdang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Baik itu wisata yang berbasis alam, buatan, atau religi. Kamu yang berencana untuk liburan ke Deli Serdang, yuk merapat disini.deretan rekomendasi wisatanya.

1. Air Terjun Dua Warna

Lokasi: Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara

Memang wisata Deli Serdang banyak yang eksotis. Dan seperti namanya, ada dua warna air di sini. Air terjun warna berwarna putih sementara di bawahnya biru muda.
Karena di bagian telaga memiliki warna kebiruan, wisata ini juga disebut dengan Air Terjun Telaga Biru. Ternyata, warna air terjun ini dipengaruhi oleh fosfor. Karena itulah, dihimbau untuk tidak meminum air di sekitar air terjun.

2. Air Terjun Sempuren Putih

Lokasi: Negri Gugung, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara

Satu lagi destinasi wisata air terjun di Deli Serdang yang bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Sempuren Putih. Sebenarnya objek wisata air terjun di Deli Serang ini memiliki 7 tingkatan. Namun, hanya satu tingkat paling bawah saja yang bisa dinikmati wisatawan karena keenam tingkat lainnya terhalang oleh bebatuan. 

Atmosfer pepohonan yang berada di sekitar destinasi wisata di Deli Serdang satu ini menambah daya tarik serta keindahan panoramanya.

3. Air Terjun Pelangi Indah

Lokasi: Tanjung Timur, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang, Sumatera Utara

Pilihan wisata Deli Serdang lainnya yang bisa dieksplor lebih jauh adalah Air Terjun Pelangi. Daya tarik utamanya adalah air terjun yang memiliki air jernih. Dipadukan dengan alam di sekitarnya, membuat panoramanya semakin asri dan sejuk.

Lokasi tepatnya berada di dekat dengan Danau Linting, jadi bisa untuk sekali jalan beberapa destinasi terpenuhi. Namun untuk datang ke sini, kamu perlu sedikit usaha ekstra karena rutenya yang cukup terjal. Meski begitu, kelelahan akan hilang dengan keindahan air terjun.

4. Pulau Siba

Lokasi: Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara

Dahulu kala objek wisata di Deli Serdang selanjutnya ini hanyalah sebuah pulau tak berpenghuni. Namun, kini telah dibangun resort serta berbagai fasilitas lainnya sehingga Pulau Siba menjelma sebagai salah satu tujuan wisata di Deli Serang yang menarik. 

Jika kamu hobi memancing, ada tersedia spot-spot khusus untuk memancing. Kawasan wisata di Deli Serdang ini juga menjadi kawasan hutan bakau yang penting. Untuk bisa menikmati keeksotisan pemandangan hutan bakau, kamu juga bisa menyewa speed boat dan mengelilingi perairan sekitar pulau. 

5. Danau Linting

Lokasi: Desa Rumah Rih, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab, Deli Serdang.

Danau Linting memiliki panorama yang sangat jelita, warna airnya hijau tosca dan jernih. Bukan dingin, kamu bisa berendam di sini berlama-lama karena airnya hangat karena mengandung belerang.

Tidak hanya keindahan danau saja yang membuat banyak wisatawan terpesona, ada beberapa atraksi seru di tepi danau. Kamu bisa bermain ayunan dan mendapatkan foto yang Instagenic. Bagi yang gemar berenang, bisa juga main sepuasnya.

6. Lembah Loknya

Lokasi: Desa Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara

Rekomendasi destinasi tempat wisata di Deli Serdang selanjutnya adalah Lembah Loknya. Objek wisata ini sangat pas untukmu yang mencari atmosfer menyegarkan di tengah-tengah alam karena keasrian yang ditawarkannya. 

Meskipun membutuhkan usaha ekstra untuk menjelajahi kawasan wisata di Deli Serdang satu ini, namun keeksotisan alam dengan sungai berkelok-kelok hingga air terjun yang menyegarkan di tempat ini tentu akan membuat rasa lelahmu terbayarkan.

7. Pemandian Alam Sembahe


Tak ada cara paling jitu melepas lelah dan penat selain menikmati wisata pemandian yang masih sangat alami, seperti di Pemandian Alam Sembahe. Menjadikan keasrian pemandangannya yang masih sangat alami sebagai daya tarik, objek wisata di Deli Serdang ini memang layak jadi salah satu tujuan liburanmu saat berkunjung ke Deli Serdang.

Hijaunya pepohonan, aliran air yan tenang melewati bebatuan besar yang eksotirs, pemandangan ini tentu akan bantu melepas kejenuhanmu setelah melewati hiruk-pikuk keseharian di perkotaan.

8. Pemandian Alam Lau Sigembur


Alternatif pemandian alam lainnya di Deli Serdang yang bisa kamu sambangi adalah Pemandian Alam Lau Sigembur. Sama halnya dengan objek wisata di Deli Serdang sebelumnya, keindahan dan keasrian alam menjadi daya tarik utama dari Pemandian Alam Lau Sigembur.

Suasananya yang teduh, airnya yang jernih dan udara yang segar tentu sangat menggodamu untuk segera menikmati kesegarannya dengan menceburkan diri dan berendam di pemandian alam di Deli Serdang satu ini.

9. Pantai Salju

Lokasi: Mabar, Bangun Purba, Deli Serdang, Sumatera Utara

Meskipun bernama pantai, objek wisata di Deli Serdang selanjutnya ini tidaklah seperti wisata pantai pada umumnya. Kawasan wisata ini merupakan aliran sungai yang dikelilingi oleh bebatuan cadas yang sangat eksotis. 

Karena luasnya sungai ini, sehingga kawasan tepinya disebut menyerupai bibir pantai sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai pantai. 

Lalu, nama salju sendiri disematkan karena aliran air yang dipecahkan oleh bebatuan cadas membuatnya terlihat berwarna putih dan percikannya seperti salju. Tertarik mengunjungi destinasi wisata di Deli Serdang satu ini? 

10. Hillpark Sibolangit

Lokasi: Jalan Let. Jend. Jamin Ginting, Sibolangit, Sikeben, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20157

Kalau ingin ke tempat wisata yang lebih modern seperti taman bermain dengan berbagai atraksi dan wahananya, Hillpark Sibolangit bisa jadi piihanmu. Hillaprk Sibolangit adalah outdoor theme park terbesar di Sumatera yang berada di Deli Serdang. Jadi, sudah terbayang seperti apa besar dan bervariasinya aktivitas di sini, bukan? 

Nama Hillpark sendiri menjadi semacam identitas yang menandakan bahwa lokasi taman hiburan ini berada di kawasan perbukitan, dataran tinggi. Maka dari itu, jangan terlena dengan asyiknya menjajal berbagai wahana yang bakal membuat gerah. Setidaknya, sediakan saja outer atau baju yang cukup menghangatkan lainnya. Hillpark Sibolangit terbagi menjadi tiga area dengan tema berbeda. 

Pertama ada The Lost City dengan nuansa zaman purbakala. Selanjutnya ada The Heritage yang akan membawamu seolah ke zaman kerajaan dengan kastil-kastilnya. Terakhir, ada Toon Town yang terkesan lebih youthful dan keceriaan anak-anak. Wahana di tiap area tentu berbeda-beda. Begitu puas atau ingin istirahat sejenak, kamu bisa mengisi perut di kawasan foodcourt. Kalau ingin membawa oleh-oleh pun, mampir saja ke toko suvenir yang juga tersedia di Hillpark Sibolangit.


11. Le Hu Garden
Lokasi: Jl. Pendidikan, Deli Tua Bar., Kec. Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20355

Bagi kamu yang senang bermain di taman dan dikelilingi berbagai bunga warna warni, bisa liburan ke The Le Hu Garden. Kamu juga bisa berfoto di berbagai spot yang sudah disediakan.

Bagi yang ingin aktivitas sedikit menantang, bisa naik perahu untuk mengelilingi danau. Bisa juga kulineran di warung-warung sekitarnya. Ada makanan berat, snack, sampai dengan aneka jus yang bisa menghilangkan dahaga. Keluarga akan senang diajak ke sini.

12. Gua Ergandeng

Lokasi: Penungkiren, Sinembah Tanjung Muda Hilir, Deli Serdang Regency, North Sumatra 20363

Kalau kamu suka wisata alam semacam gua, Gua Ergandeng haruslah ada dalam daftar perjalananmu ke Deli Serdang. Gua eksotis ini kerap diceritakan sebagai tempat pemandian putri keturunan raja pada zaman dahulu. Gua Ergandeng sendiri memang sudah ada sejak lama. 

Namun begitu, terutama setelah dirawat dan dibersihkan, Gue Ergandeng menjadi lebih aman untuk dikunjungi. Tidak ada hewan liar yang biasa tinggal di dalam gua sehiingga kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan di dalam Gua Ergandeng. 

Bagian dalam Gue Ergandeng memiliki stalaktit yang menambah kecantikan tersendiri pada gua ini. Tak cuma itu, kawasan Gua Ergandeng juga telah dilengkapi dengan pemandian air panas yang dapat menjadi tempatmu berendam dan merelaksasi otot-otot yang tegang selama perjalanan. 

13. Taman Wisata Merci

Lokasi: Komplek Medan resort City, Jl. Perjuangan, Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang.

Taman Wisata Merci merupakan salah satu wisata favorit keluarga. Konsep yang diusung adalah theme park resto dan juga waterpark. Jadi bisa untuk semua anggota keluarga, baik anak-anak sampai dengan orang tua.

Berbagai wahana seru ditawarkan di sini, contohnya adalah Kolam Arus, Air Pancuran, Foodhallen, Food Bazar, dan lain sebagainya. Fasilitasnya juga super lengkap, ada hall 1 dan 2, mushola, toilet, kamar ganti, loker, monorail, sampai dengan P3K.

Bagi yang ingin seru-seruan bermain air di waterpark, tenang saja, ada lifeguard yang senantiasa mengawasi. Namun tentu saja, perlu selalu hati-hati supaya bisa liburan dengan nyaman tanpa ada kendala yang berarti.

14. Sungai Dua Rasa

Lokasi: Negri Gugug, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Rekomendasi wisata Deli Serdang yang eksotis lainnya perlu dijelajahi adalah Sungai Dua Rasa. Bukan rasa yang bisa dicap lidah, namun di sini kamu bisa menikmati sensasi air bersuhu panas dan dingin. Namun alirannya tidak menyatu, jadi sensasinya unik.

Selain tawarkan mandi di air sungai berbeda suhu, panorama di sekitarnya juga masih sangat asri. Banyak pepohonan rimbun, batuan kapur, sampai dengan air yang jernih. Jangan lupa bawa baju ganti saat ke sini ya.

15. Kampung Ladang Outbound

Lokasi: Jl. Besar Tanjung Anom, Namorih, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang.

Bagi yang ingin mengajak anak-anak beraktivitas seru di tempat wisata saat berada di Deli Serdang, bisa kunjungi Kampung Ladang Outbound. Berbagai jenis outbound ditawarkan di sini. Mulai dari flying fox, aral lintang, ATV, mobil bogie, trampoline, dan lain-lain.

Selain melakukan aktivitas seru, kamu juga bisa berburu foto karena banyak spot yang disuguhkan. Tempatnya masih sangat rindang dan sejuk, jadi meski main siang hari tetap nyaman. Bagi orang dewasa, kamu bisa main paintball.

16. Maha Vihara Maitreya

Lokasi: Jl. Boulevard Timur No. 99-5, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke Maha Vihara Maitreya yang merupakan vihara terbesar di Indonesia. Bangunannya telah diresmikan sejak Agustus 2008 dan memiliki desain mewah dengan fasilitas lengkap.

Ada tiga gedung utama di sini, yaitu Buddha Sakyamuni, Bodhisattva Satyalakama, dan juga Bodhisattva Avalokiteshvara. Semuanya memiliki kegunaan masing-masing yang akan membuat kamu terkagum-kagum dengan kemegahannya.

Berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini antara lain restoran, taman bermain anak, toko oleh-oleh, dan berbagai spot Instagenic. Saat masuk ke dalamnya, kamu akan disambut dengan warna cat emas dan merah khas vihara.

17. Waterland Tamora

Lokasi: Jl. Bandar Labuhan, Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Ada tempat wisata keluarga baru di Deli Serdang yang juga masuk ke dalam rekomendasi untuk jujukan wisatawan. Namanya adalah Waterland Tamora dengan berbagai wahana menarik. Sebut saja Sky Bike, Seluncuran Air, Water Splash, Kolam Arus, dan lain-lain.

Fasilitasnya juga sudah sangat lengkap, membuat pengunjung kian betah. Ada food court, minimarket, taman bermain anak, areal parkir yang luas, mushola, gazebo, mini market, dan lain sebagainya.

18. Nusantara Healing and Chill

Lokasi: Jl. Bukum, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Bagi yang ingin bersantai dan mendinginkan isi kepala, bisa nongkrong saja di Nusantara Healing and Chill. Sebenarnya ini merupakan sebuah kafe. Namun panorama di sekitarnya cukup jelita, dengan aliran sungai, air terjun mini dipadu hutan hujan tropis.

Alamnya yang sejuk, membuat tempat ini nyaman disinggahi kapan saja. Berbagai makanan enak pun juga disuguhkan di tempat ini. Mulai dari kuliner berat sampai camilan. Ada bagian outdoor dan indoor yang bisa dipilih sesuka hati.

Posting Komentar

0 Komentar